Karbohidrat, Manfaat, Proses Pencernaan Karbohidrat



Karbohidrat adalah salah satu atau beberapa senyawa kimia termasuk gula pati dan serat yang mengandung atom C, H dan O dengan rumus kimia Cn(H2O)n. Karbohidrat merupakan senyawa sumber energi utama bagi tubuh. Sumber-sumber Karbohidrat sangat banyak seperti beras, jagung, gandum Dll.
Gambar makanan mengandung karbohidrat

Berdasarkan susunan kimia, karbohidrat dibagi menjadi 3 golongan, yaitu :
1. Monosakarida
Monosakarida adalah karbohidrat paling sederhada yang merupakan molekul terkecil karbohidrat. Dalam tubuh monosakarida langsung diserap oleh dinding usus halus dan masuk peredaran darah. Monosakarida dikelompokan menjadi 3, yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

2. Disakarida
Disakarida adalah gabungan dari dua macam monosakarida. Disakarida dikelompokan menjadi 3, yaitu sukrosa, maltosa, & laktosa.
3. Polisakarida
Polisakarida merupakan gabungan beberapa molekul monosakarida. Polisakarida dikelompokan menjadi 3 yaitu Pati, serat, glikogen.

Manfaat Karbohidrat dalam Tubuh
Karbohidrat di dalam tubuh kita mempunyai manfaat, yakni sebagai berikut :

  1. Sumber energi utama yang diperlukan untuk gerak, 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori.

  2. Memberikan rasa kenyang, karena karbohidrat mempunyai volume yang besar dengan adanya selullosa.

  3. Sebagai cadangan energi, kelebihan karbohidrat dalam tubuh akan tersimpan dalam bentuk lemak.

Pada makanan sumber karbohidrat ada dua macam yaitu jenis padi-padian dan jenis umbi-umbian. Jenis padi-padian contohnya gandum, beras, jagung dll, sedangkan jenis umbi-umbian contohnya kentang, singkong, ubi dll.

Pencernaan Dan Penyerapan Karbohidrat
Proses pencernaan dan penyerapan makanan jenis karbohidrat secara berurutan sebagai berikut :

  1. Di mulut : Secara mekanik makanan akan diperkecil oleh gerak mekanik gigi, selanjutnya terjadi proses kimiawi oleh enzim ptialin (amilase ludah) akan memecah polisakarida (amilum, glikogen, dekstrin) menjadi disakarida berupa maltosa. Setelah itu enzim maltase akan memecah maltosa menjadi glukosa (monosakarida). Selanjutnya makanan masuk ke lambung.

  2. Di lambung : secara mekanik makanan dilemburkan dengan gerakan mekanik lambung, sedangkan proses kimiawi melanjutkan proses pencernaan di mulut.

  3. Di usus halus : secara mekanik terjadi penghalusan oleh gerakan peristaltik usus, sedangkan proses kimiawi enzim amilase akan menguraikan karbohidrat menjadi glukosa, fruktosa dan galaktosa, enzim sukrosa mengurai sakrosa menjadi fruktosa dan galaktosa, enzim maltosa mengurai maltosa menjadi glukose, enzim laktase mengurai laktose menjadi glukose dan galaktose. Semua karbohidrat dalam bentuk glukosa (monosakarida) diserap oleh dinding-dinding usus halus, sedangkan sisa makanan yang tak diserap akan masuk ke usus besar.

Hasil akhir proses pencernaan, karbohidrat dalam bentuk hexose/glukosa, lemak dalam bentuk asam lemak dan gliserol, dan protein dalam bentuk asam amino akan diangkut keseluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Makanan yang tidak dapat diserap oleh usus halus akan masuk ke usus besar, didalam usus besar terjadi penyerapan air, vitamin, dan mineral, selanjutnya sisa akan dibuang lewat feaces. Lama pencernaan dipengaruhi oleh jenis makanan. Karbohidrat memerlukan waktu 2 jam, lemak 5 jam, protein 3 jam. Kecepatan penyerapan zat gizi dipengaruhi oleh :
  1. Digestibility (daya cerna),

  2. Komposisi zat gizi,

  3. Keadaan normalitas membran mukosa usus halus,

  4. Status kelenjar endokrin atau hormon,

  5. Masuknya vitamin yang adekuat, khusunya vitamin B kompleks untuk karbohidrat.

Ni aku ada sedikit ppt materi perkuliahan, hanya untuk berbagi
Karbohidrat by Eskasatri on Scribd
Karbohidrat by Eskasatri on Scribd
guys ini sumber buku yang aku ambil buat artikel ini :
Judul : Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan
Penerbit Andi Yogyakarta
Penulis : Drs. Djoko Pekik Irianto, M.Kes.
"Siapa yang menyampaikan satu ilmu dan orang membaca mengamalkannya maka dia akan beroleh pahala walaupun sudah tiada."

Jangan lupa comment ya guys :)


No comments:



Powered by Blogger.