Mereka yang Doanya Dikabulkan



Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara atau bagaimana doa hambanya yang di kabulkan oleh Allah swt, sebagai berikut:


1. Doa Orang yang Dalam Kesulitan


Terdapat firman Allah swt yang mengatakan “Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingat-(Nya).” (an-Naml [27]: 62)


2. Doa Orang yang Terzalimi, Sama Saja Baik Ia Seorang Kafir atau Pendosa


Rasulullah saw. bersabda,

            “Hati-hatilah dengan doa orang yang terzalimi karena sesungguhnya doanya itu akan diangkat ke atas awan. Allah swt. berfirman, ‘Demi keagungan dan keperkasaan-Ku, Aku pasti akan menolongmu walau setelah beberapa waktu lamanya.’” (Hadits sahih lihat kitab ash-Shahihah, hadits no. 868)


            “Berhati-hatilah dengan doa orang terzalimi karena sesungguhnya ia terbang ke langit seperti kembang api.” (Hadits sahih lihat kitab as-Shahihah, hadits no. 871)

“Berhati-hatilah dengan doa orang yang terzalimi walau ia orang kafir karena doa orang yang terzalimi itu tidak terhalangi.” (Hadits hasan diriwayatkan oleh Ahmad)

            “Doa orang yang terzalimi itu terkabulkan, walaupun ia adalah seorang pendosa karena dosanya itu hanyalah untuknya sendiri.” (Hadits hasan menurut al-Albani dalam al-Jami’)


3. Doa Orang yang Puasa, dalam Perjalanan, atau Orang Tua kepada Anaknya


Rasulullah saw. bersabda

“Tiga orang yang akan terkabulkan; doa orang yang puasa, orang yang terzalimi, dan orang yang sedang dalam perjalanan.” (Hadits sahih, lihat kitab ash-Shahihah, hadits no. 1797)

            “Tiga doa yang tidak diragukan lagi akan dikabulkan: doa orang tua, orang yang dalam perjalanan, dan doa orang yang terzalimi.” (Hadits hasan menurut al-Albani, ash-Shahihah, hadits no. 596)


4. Doa Seorang Mukmin untuk Saudaranya, Tanpa Sepengetahuannya


Rasulullah saw. bersabda


“Doa seorang muslim untuk saudaranya, tanpa sepengetahuannya akan dikabulkan. Di atas kepalanya ada seorang malaikat. Setiap ia mendoakan saudaranya, malaikat itu berkata ‘Amin, dan mudah-mudahan kamu mendapatkan hal yang sama.’” (HR Muslim)


5. Berdoa di Kala Senang


Rasulullah saw. bersabda


“Barangsiapa suka untuk dikabulkan doanya di kala kesusahan dan musibah, maka hendaklah ia banyak berdoa di kala senang.” (Hadits sahih menurut Hakim dan disetujui oleh adz-Dzahabi)


6. Doa Orang yang Banyak Berzikir, Orang yang Terzalimi, dan Imam yang Adil


Rasulullah saw. bersabda


“Tiga orang yang doanya tidak akan ditolak; orang yang banyak berzikir menginat Allah, orang yang terzalimi, dan doanya imam yang adil.” (Hadits hasan menurut al-Baihaqi)


7. Doa Seorang Muslim untuk Orang Kafir


Rasulullah saw. bersabda


“Doa kita atas mereka (orang-orang kafir akan dikabulkan, sedangkan doa mereka atas kita tidak akan dikabulkan.” (Muttafaq ‘alaih)


Baca juga artikel mengenai doa : tata cara berdoa, waktu-waktu terkabulnya doa, mereka yang doanya tidak dikabulkan

Sumber Artikel ini di ambil dari buku :
Judul : Doa-Doa Harian Rasulullah saw. Menurut Al-Qur’an dan Sunnah
Penulis : Aiman ibnu Abdul Fattah, et. al.
Penerbit : Pena Pundi Aksara


“Siapa yang menyampaikan satu ilmu dan orang membaca mengamalkannya maka dia akan beroleh pahala walaupun sudah tiada.”


Jangan lupa comment ya guys :)





Powered by Blogger.