Waktu-Waktu Terkabulnya Doa



Agar doa anda cepat diterima oleh Allah swt. seyogyanya doa diucapkan dengan sekhidmat-khidmatnya, khusu’ dan mengikuti tata cara berdoa. Selain itu ada juga waktu-waktu yang dapat mengabulkan doa, antara lain :


1. Malam lailatul Qadar


Waktu yang baik agar doa cepat dikabulkan oleh Allah swt. adalah sebagaimana Hadits Nabi saw. ”Barangsiapa yang pada malam lailatul Qadar mengerjakan ibadah dan berdoa dengan penuh keimanan dan semata-mata dipersembahkan kepada Allah, maka Allah akan mengampuni segala dosanya yang sudah-sudah maupun yang belakangan.”(HR Ahmad dan Thabrani)


2. Sepertiga Malam Terakhir


Rasulullah saw. bersabda “Di waktu malam itu ada satu waktu yang jika seorang muslim meminta kebaikan pada waktu itu untuk urusan dunia dan akhirat, Allah akan mengabulkannya dan itu terjadi pada setiap malam” (HR Muslim)


“Setiap malam, Allah akan turun kelangit dunia, pada sepertiga malam terakhir. Lalu Dia akan berfirman, ‘Siapa yang berdoa maka akan aku kabulkan, barangsiapa yang meminta maka akan Aku penuhi. Barangsiapa yang memohon ampun, pasti Aku ampuni.’”(HR Bukhari-Muslim)


Bagi seorang muslim yang ingin doanya diijabah Allah swt. maka hendaklah berwudhu dan melaksanakan sholat tahajud.


3. Berdoa Ketika Turun Musibah dan Cobaan


Rasulullah saw. bersabda “Doa nabi Dzun Nun (Nabi Yunus) ketika ia berada dalam perut ikan besar (ikan paus) adalah,’Tidak ada tuhan selain Allah, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim.’Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa dengan doa tadi karena ada sesuatu yang terjadi, melainkan Allah akan mengabulkannya.” (Hadits sahih riwayat Ahmad)


4. Doa Antara Azan dan Iqamah atau Iqomat


Rasulullah saw. bersabda “Doa antara azan dan iqamah tidak akan ditolak.” (HR Ahmad dengan sanad yang sahih)


5. Doa Ketika Azan dan Jihad Bertempur Melawan Musuh


Rasulullah saw. bersabda “Dua doa yang tidak akan ditolak atau sedikit kemungkinan untuk ditolak; ketika panggilan shalat dan ketika perang berkecamuk.” (HR Abu Dawud, al-Hafizh menyebutkan bahwa ini hadits hasan sahih)


6. Doa Ketika Sujud dalam Shalat


Rasulullah saw. bersabda “Saat paling dekat seorang hamba kepada Allah azza wa jalla adalah ketika sujud, maka perbanyaklah di dalamnya dengan doa.” (HR Muslim)


7. Mencari-cari Waktu untuk Berdoa pada Hari Jumat


Rasulullah saw. bersabda “Sesungguhnya pada hari jumat itu ada satu waktu yang tidaklah seorang muslim yang meminta kebaikan pada waktu itu kecuali Allah akan mengabulkannya permintaannya.”(Muttafaq ‘alaih)


8. Berdoa Ketika Ada Kokokan Ayam


Rasulullah saw. bersabda “Jika kalian mendengar kokokan ayam, hendaklah meminta karunia Allah karena sesungguhnya ayam itu melihat seorang malaikat. Dan jika kalian mendengar suara ringkikan keledai, hendaklah kalian berlindung kepada Allah karena sesungguhnya ia melihat setan.” (HR Bukhari dan Muslim)



Sumber Artikel ini di ambil dari buku :
Judul : Doa-Doa Harian Rasulullah saw. Menurut Al-Qur’an dan Sunnah
Penulis : Aiman ibnu Abdul Fattah, et. al.
Penerbit : Pena Pundi Aksara


“Siapa yang menyampaikan satu ilmu dan orang membaca mengamalkannya maka dia akan beroleh pahala walaupun sudah tiada.”


Jangan lupa comment ya guys :)



3 comments:

estu said...

Sangat bermanfaat artikelnya

Inesh Eskanesiari said...

Makasih infonya

Gumilang Rambang said...

nuhun bray



Powered by Blogger.