Faedah atau Manfaat Berdoa



Faedah atau manfaat dari berdoa berdasarkan sabda Rasulullah saw, sebagai berikut :


Pertama, doa bisa menolak takdir, sebagaimana sabda Rasulullah saw. “Tidak ada yang bisa menolak qodha’ (ketentuan Allah) kecuali doa, dan tidak ada yang bisa menambah umur melainkan kebaikan.” (HR Tirmidzi, Hadits hasan menurut al-Albani)


Sesungguhnya doa itu bermanfaat untuk apa yang telah diturunkan dan apa yang belum diturunkan (yang terjadi dan belum terjadi). Maka wahai para hamba Allah, hendaklah kalian berdoa.


Pada hadits yang pertama bahwa doa merupakan salah satu ketentuan Allah azza wa jalla. Terkadang Allah swt. membuat suatu ketentuan untuk hamba-Nya dengan terikat sesuatu. Kalau sang hamba berdoa berlindung dari ketentuan Allah yang telah ditentukan tadi maka ia akan terhindar darinya. Hadits ini juga sebagai dalil bahwa Allah swt. akan menghilangkan apa yang telah Dia tentukan untuk hamba-Nya dengan doa, dan sesungguhnya kebaikan serta silaturahim adalah sesuatu yang bisa menambah usia.


Kedua, manfaat doa sebagaimana sabda Rosulullah saw. “Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa kepada Allah dengan sebuah doa yang di dalamnya tidak ada dosa atau memutuskan tali silatuhrahim, kecuali Allah akan membalasnya dengan tiga hal; doanya akan segera dikabulkan, doanya ditangguhkan untuk di akhirat nanti, atau ia akan dihindarkan dari keburukan yang semisal dengannya.” Para sahabat berkata, “Kalau begitu, kita akan memperbanyak doa.” Rasulullah saw. menjawab, “Allah akan menjawab lebih banyak lagi.” (Hadits sahih, diriwayatkan oleh Ahmad)



Sumber Artikel ini di ambil dari buku :
Judul : Doa-Doa Harian Rasulullah saw. Menurut Al-Qur’an dan Sunnah
Penulis : Aiman ibnu Abdul Fattah, et. al.
Penerbit : Pena Pundi Aksara


“Siapa yang menyampaikan satu ilmu dan orang membaca mengamalkannya maka dia akan beroleh pahala walaupun sudah tiada.”


Jangan lupa comment ya guys :)



4 comments:

wizamisasi.com said...

Satu lagi gan, doa juga bisa merubah takdir. Jadi jangan pernah meremehkan kekuatan do'a itu sendiri

giwa said...

erima kasih infonya dan tetap jaya

Inesh Eskanesiari said...

Great

Gumilang Rambang said...

oke



Powered by Blogger.